Sangkring Art | Hadir Ruang Baru, Sangkring Stock Room (Library n Artshop)
21374
single,single-post,postid-21374,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.4,side_area_uncovered,wpb-js-composer js-comp-ver-4.12.1,vc_responsive
IMG_9181

Hadir Ruang Baru, Sangkring Stock Room (Library n Artshop)

Dengan misi untuk melengkapi Sangkring Art sebagai ruang seni yang utuh, Sangkring Art menghadirkan satu ruang lagi bernama Sangkring Stock Room. Ruang ini mulai beroperasi kembali pada Januari 2017 lalu. Sangkring Stock Room dibagi jadi dua area tanpa sekat, yaitu untuk perpustakaan dan artshop. Ruang baru ini terletak di ruangan bawah Sangkring Art Project di bagian tengah kawasan Sangkring. Sedikit berbeda dengan Sangkring Art Space, Sangkirng Art Project dan Bale Banjar yang biasa digunakan sebagai ruang pamer, Sangkring Stock Room ini merupakan ruang seni yang bersifat lebih praktis.

Sebagai perpustakaan, Sangkring Stock Room mempunyai koleksi cukup melimpah. Sekitar 2000 buku seni rupa berjajar di rak siap untuk mengisi referensi dan literasi seni rupa publik. Koleksi buku seni rupa tersebut terdiri dari banyak macam, membahas berbagai topik seni rupa dari dalam maupun luar negeri. Pengadaan perpustakaan seni rupa ini merupakan usaha bagus mengingat sedikitnya perpustakaan yang mengkhususkan diri pada koleksi buku seni rupa. Sangkring Stock Room ingin menyediakan sumber wacana yang tak habis-habis pada publik. Jumlah itu belum ditambah dengan ribuan katalog pameran seni rupa lintas jaman yang juga bisa diakses di Sangkring Stock Room.

Selain buku-buku dari pihak luar, di Sangkring Stock Room juga bisa ditemui buku-buku yang diterbitkan oleh Sangkring Art Space. Selama ini, selain menjadi ruang seni, Sangkring Art Space juga mencetak berbagai terbitan, khususnya buku. Buku-buku terbitan Sangkring ini bisa dibaca di perpustakaan maupun dijual di area sebelahnya, artshop.

Artshop di Sangkring Stock room ingin menjadi tempat apresiasi prakarya seni yang bersifat lebih praktis dan traksaksional. Di ruang ini, tersedia barang-barang crafty hasil karya para seniman.  Bentuknya pun beragam, ada fashion item, tembikar, patung, souvenir dan pernak-pernik. Barang-barang yang masuk di artshop tentu saja melalui kurasi tim Sangkring Art Space untuk menjamin kualitasnya. Disini, para kolektor seni dan publik seni yang lebih umum bisa mendapat produk-produk dari seniman yang mereka sukai.

Selain perpustakaan dan artshop, Sangkring Stock Room juga menyediakan pojok khusus untuk pendiri Sangkring Art Space yaitu Putu Sutawijaya. Seniman yang jadi pelopor gerakan seni rupa kontemporer Indonesia ini cukup banyak memberikan warna pada Sangkring Stock Room berkaitan dengan daerah asalnya, Bali. Disini cukup banyak koleksi pribadi Putu Sutawijaya yang berbau khas Bali, seperti buku-buku, lukisan dan barang-barang seni lain. Selain itu, pojok ini juga berfungsi sebagai mini museum yang mengikuti perjalanan kekaryaan Putu Sutawijaya dari awal sampai sekarang.

Sangkring Stock Room terbuka untuk umum. Fasilitas dan tata ruang yang nyaman cukup potensial sebagai ruang temu, seperti misalnya jadi tempat diskusi, presentasi atau screening. Pengelola Sangkring Stock Room sangat terbuka terhadap ide-ide segar yang siap diwujudkan. Saat ini, tautan termudah untuk memantau Sangkring Stock Room adalah melalui instagramnya di @sangkringstockroom.

 

admin

sangkring@gmail.com
No Comments

Post a Comment