Sangkring Art | How Brutu Are You….?? by Bol Brutu @Sangkring art Project
814
single,single-post,postid-814,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-3.4,stockholm-kudaterbang-net,wpb-js-composer js-comp-ver-4.12.1,vc_responsive

How Brutu Are You….?? by Bol Brutu @Sangkring art Project

 

 

Pameran : How Brutu Are You…”??
Oleh : Bol Brutu (Gerombolan Pemburu Batu)
Pembukaan : Sabtu, 14 – 30 Januari 2012 Jam 19.00 wib
Penulis : Kris Budiman
Pameran berlangsung : 14 – 30 Januari 2012

 

How Brutu Are You?

Bol Brutu dan Situs-Candi Hindu-Buddha

 

Kegiatan utama gerombolan ini pada dasarnya adalah ‘blusukan’: menelusuri batu-batu peninggalan masa lalu. Ada puluhan hingga ratusan tempat telah didatangi, dan melalui ribuan foto yang sebagiannya kemudian ditampilkan dalam jejaring sosial fesbuk, muncullah obrolan, diskusi, dan bahkan perdebatan. Dari sana juga lalu muncul ide untuk menampilkan foto-foto ini ke ruang publik yang lebih luas: pameran. Ya, pameran! Mengapa tidak?

How Are You Brutu? Adalah pameran foto candi, artefak, dan situs-situs lainnya yang pernah dan bahkan berulang-ulang didatangi gerombolan para pemburu batu atau yang diakronimkan menjadi Bolbrutu ini. Dalam pameran ini ditampilkan secara khusus situs-situs Hindu-Budha pada abad pertengahan, sebagian besar di Jawa, dan beberapa di Sumatera dan Kalimantan yang marjinal. Marjinal di sini maksudnya adalah kurang dikenal dan serentak dengan itu juga kurang mendapat perhatian. Sifat pameran ini terutama bukanlah artistik, tetapi lebih hendak mengkhabarkan bahwa di suatu tempat, terdapat sebuah atau lebih candi, yang menyimpan ribuan cerita kehidupan kita. (BOL BRUTU)

Dokumentasi Bol Brutu

[nggallery id=51]

 

 

Mari Berbagi